Tujuan dan pemakai Sistem Informasi Akuntansi

Tujuan dari setiap system informasi akuntansi adalah menyediakan informasi akuntansi bagi berbagai pemakai atau pengguna. Secara lebih khusus tujuanya adalah:

  1. Untuk mendukung oprasi harian, untuk oprasi setiap hari,perusahaan melakukan sejumlah peristiwa bisnis yang di sebut transaksi. Transaksi akintansi termasuk peristiwa atau transaksi yang menunjukan adanya pertukaran yang bernilai ekonomis.
  2. Untuk mendukung pembuatan keputusan oleh memuat keputusan intern perusahaan. Keputusan harus dibuat oleh perusahaan untuk memecahkan dan mengendalikan jalanya perusahaan. Hal ini berkaitan dengan pemprosesan informasi. Melalui transaksi yang diproses,SIA umumnya senyediakan beberapa informasi yang diperlukan dalam perbuatan keputusan. Manajer merupakan pemakai keputusan utama yang menggunakan output dari pemprosesan informasi.
  3. Memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan pengelolaan perusahaan, Setiap perusahaan harus memenuhi kewajiban hukumnya. Kewajiban penting tertentu terdiri dari penyediaan informasi yang wajib bagi pemakai eksternal perusahaan.

Karena Sisten Informasi Akuntansi adalah nyata, maka ia memerlukan sumberdaya fisik dan komponen yang berhubungan, kita dapat mengklasifikasikan sumberdaya dan komponenya kedalam:

  1. Prosesor, Alat fisik dimana data ditrasformasikan, kebanyakan perusahaan saat ini menyediakan pemprosesan yang merupakan gabungan antara manusia dan prosesor otomatis.
  2. Database, adalah data yang disimpan
  3. Prosedur, langkah-langkah tertentu yang dilakukan dalam satu atau lebih fungsi SIA dikenal dengan prosedur, prosedur ini bisa melalui media intruksi manual ataupun menggunakan program computer.
  4. Media Input atau Output,kuntansi
  5. Dan Sumberdaya Lain, suatu system informasi akuntasi juga memerlukan sumberdaya lain.

Leave a comment