Suatu tinjauan Sistem Informasi Akuntansi

Informasi akuntansi  atau accounting information adalah penting sekali bagi manajeman dari suatu satuan ekonomi yang efisien. Dalam suatu organisasi perusahaan informasi akuntansi dihasilkan oleh sustu sisten organisasi.

Mengapa Mempelajari SIA?

Dalam beberapa tahunyang lalu  suatu revolusi yang berlangsung dalam teknologi informasi  telah berkelanjutan menimbulkan pengaruh yang dalam pada system SIA(demikian pula pada system informasi lainya). Tenaga atau kekuatan yang mendorong revolusi ini di belakangnya,tentunya adalah computer. Sebenarnya pada semua organisasi yang besar demikian pula dalam organisasi yang lebih kecil, computer dipergunakan untuk mengolah transaksi akuntansi dan penyiapan laporan akuntansi. Dimasa mendatang organisasi yang tidak mempergunakan suatu computer  untuk melaksanakan pekerjaan akuntansinya merupakan  pengecualian yang jarang . suatu kuliah dalam system informasi akuntansi menekankan pada peranan computer merupakan suatu eleman atau unsur  yang penting sekali bagi persiapanmahasiswa untuk suatu karier dalam akuntansi.

Peranan SIA?

Organisasi perusahaan modern yang dilayani oleh system informasi akuntansi merupakan suatu bada atau lembaga yang sangat kompleks. Organisasi seperti ini mungkin memperkerjakan beribu-ribu orang dengan tugas-tugas yang bervariasi dari pengembangan dan pembuatan suatu produk baru sampai pada manajement  dengan tenaga penjual yang cukup besar. Dalam hal ini terdapat dua golongan utama dari para pemakai informasi akuntansi, yaitu pihak luar(ekstern), organisasi perusahaan dan pihak intern organisasi perusahaan(manajeman).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s