Jasa Pengantaran atau Pengiriman Barang

Pada perusahaan jasa pengantar baik itu pengantar barang atau makanan dari dalam negri atau luar negri yang mengurus document izin masuk atau beredarnya barang yang melakukan proses bisnis transaksinya menggunakan system informasi via internet,telpon dan lain-lain yang mendukung, perusahan jasa pengantaran barang ini bergerak untuk menyuplay mengatur barang-barang yang masuk pada tiap-tiap daerah dengan klayen dan menghubungkan bagian-bagian pembisnis satu dengan yang lainya agar produk barang yang masuk itu layak untuk diedarkan.

Dalam proses penidentifikasian produk barang yang akan diedarkan terdapat Tiga penggolongan dalam jasa pengantaran :

  1. Jika produk yang telah diperiksa dan mendapatkan nilai merah dari tim kondisi lapangan yang mengecek  maka produk tersebut tidak dapat masuk dan diedarkan dan prosespun gagal karena produk tidak layak .
  2. Jika produk yang telah diperiksa dan mendapatkan nilai kuning dari tim pengecekan maka produk tersebut akan dicek ulang.
  3. Dan jika kondisi barang bernilai Hijau maka produk barang tersebut dapat langsung di proses kirim karena telah aman.

Tiga hal tersebut merupakan hal penting bagi perusahan yang bergerak dalam bidang jasa pengantaran agar pelanggan jasa tersebut dapat merasa nyaman dalam berbisnis transaksi mengirimkan produk barangnya.

Dalam pengantaran ini prosesnya pun agak sulit, kareka jika kita ingin menggunakan jasa ini langkah yang harus kita lakukan adalah dengan mengkonfirmasi dahulu kepada pihak perusahaan jasa pengantaran bahwa barang yang kita pesan kepada pihak penjual itu benar dan meminta pengurusan document produk dan bea cukai  kepada pihak pengantaran, jika document telah lengkap maka pihak pengantar akan mengkonfirmasi dan mentransfer data dan document kepada pihak pembeli, lalu jika document transfer di respon maka  setelah itu barulah pengecekan barang yang dilakukan oleh perusahaan jasa pengantar dan jika penindefikasian barang berhasil maka produk yang dipesan akan di kirim kepada pihak membeli sesuai hari. Perusahaan jasa ini sebenarnya adalah jembatan penghubung antara pembeli dan penjaul dalam jumlah produk yang sangat besar.

Jasa pengantaran ini dapat kita jumpai pada pelabuhan-pelabuhan besar , namun kantor terdapat jauh dari pelabuhan karena proses kerjanya perusahaan jasa ini  mengandalkan internet untuk berhubungan dengan pihak dari luar negri maupun dalam negri.

Dari pembhasan ini dapat disimpulkan bahwa perusahan yang bergerak dalam bidang jasa pengantaran atau pengiriman ini sangat bergantung terhadap system informasi computer. Karena proses kerjaanya menunggu konfirmasi dahulu lalu barulah jika kelengkapan data dakumen dan izin terpenuhi maka prosespun berlanjut samapai pada tujuan pengantaran produk barang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s